Tugas 3 PKT : Domain Penelitian Dalam Kecerdasan Tiruan Oleh Syarif Hidayatulloh Wazir Putra
Domain Penelitian Dalam Kecerdasan Tiruan
Domain AI diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu : Formal Task, Mundane Task, dan Expert Task.
1. Formal Task
- Matematika (Geometri, Logika, Kalkulus Integral, Diferensial).
- Permainan (Game)
- Kebanyakan permainan dilakukan dengan menggunakan aturan.
- Dalam permainan digunakan apa yang disebut dengan pencarian ruang.
- Teknik untuk menentukan alternatif dalam menyimak problema ruang merupakan sesuatu yang rumit.
- Teknik tersebut disebut dengan HEURISTIC.
- Permainan merupakan bidang yang menarik dalam studi heuristic.
2. Mundane Task
- Perception / Persepsi (Computer Vision & Speech, Voice Recognition)
- Reasoning
- Common Sense
- Natural Language; Suatu teknologi yang memberikan kemampuan kepada komputer untuk memahami bahasa manusia sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan komputer dengan mengunakan bahasa sehari-hari.
- Robotik dan Sistem Sensor; Sistem Sensor, seperti sistem vision, sistem tactile, dan sistem pemrosesan sinyal jika dikombinasikan dengan AI, dapat dikategorikan kedalam suatu sistem yang luas yang disebut sistem robotik.
3. Expert Task
- Financial Analysis
- Medical Diagnosis
- Science Analysis
- Engineering
- Expert System; adalah program penasehat berbasis komputer yang mencoba meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan masalah-masalah spesifik.
Artikel ini dibuat sebagai tugas kuliah sebagaimana yang tertuang dalam Online Learning Uhamka
Komentar
Posting Komentar