Tugas 3 PKT : Domain Penelitian Dalam Kecerdasan Tiruan Oleh Syarif Hidayatulloh Wazir Putra

Domain Penelitian Dalam Kecerdasan Tiruan



Domain AI diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu : Formal Task, Mundane Task, dan Expert Task.

1. Formal Task
  • Matematika (Geometri, Logika, Kalkulus Integral, Diferensial).
  • Permainan (Game)
    1. Kebanyakan permainan dilakukan dengan menggunakan aturan.
    2. Dalam permainan digunakan apa yang disebut dengan pencarian ruang.
    3. Teknik untuk menentukan alternatif dalam menyimak problema ruang merupakan sesuatu yang rumit.
    4. Teknik tersebut disebut dengan HEURISTIC.
    5. Permainan merupakan bidang yang menarik dalam studi heuristic.
2. Mundane Task
  • Perception / Persepsi (Computer Vision & Speech, Voice Recognition)
  • Reasoning
  • Common Sense
  • Natural Language; Suatu teknologi yang memberikan kemampuan kepada komputer untuk memahami bahasa manusia sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan komputer dengan mengunakan bahasa sehari-hari.
  • Robotik dan Sistem Sensor; Sistem Sensor, seperti sistem vision, sistem tactile, dan sistem pemrosesan sinyal jika dikombinasikan dengan AI, dapat dikategorikan kedalam suatu sistem yang luas yang disebut sistem robotik.
3. Expert Task 
  • Financial Analysis
  • Medical Diagnosis
  • Science Analysis
  • Engineering
  • Expert System; adalah program penasehat berbasis komputer yang mencoba meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan masalah-masalah spesifik.


Artikel ini dibuat sebagai tugas kuliah sebagaimana yang tertuang dalam Online Learning Uhamka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berita UHAMKA Oleh Syarif Hidayatulloh Wazir Putra (1903015181)

Tugas 2 KB [Syarif] : Pengertian dan Contoh Implementasi Komputasi Bergerak

Pertemuan 2 PDS : Ruang Lingkup Pemodelan Oleh Syarif Hidayatulloh Wazir Putra