Tugas 2 KB [Syarif] : Pengertian dan Contoh Implementasi Komputasi Bergerak
Pengantar Komputasi Bergerak
Pengertian
Komputasi Bergerak (Mobile computing) adalah suatu konsep yang mengacu pada kemampuan untuk menggunakan teknologi komputer secara nirkabel dan portabel. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dan layanan kapan saja dan dimana saja, tanpa terbatas oleh koneksi kabel atau lokasi tertentu.
*Pengertian Nirkabel
Nirkabel dalam komputasi bergerak mengacu pada kemampuan perangkat elektronik seperti telepon genggam, tablet, laptop dan perangkat wearable untuk terhubung ke jaringan komunikasi tanpa memerlukan koneksi fisik seperti kabel. Teknologi nirkabel yang umum digunakan dalam komputasi bergerak meliputi Wi-Fi, Bluetooth, Near Field Communication (NFC), serta teknologi seluler seperti 3G, 4G dan 5G.
Adapun keuntungan dari teknologi nirkabel dalam komputasi bergerak, yaitu:
- Pengguna dapat mengakses informasi dan layanan dari perangkat mereka kapan saja dan dimana saja tanpa terbatas oleh koneksi kabel atau lokasi tertentu.
- Teknologi nirkabel juga dapat memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan perangkat lain dan mentransfer data dengan mudah dan cepat.
Selain ada keuntungan, pasti penggunaan teknologi nirkabel juga dapat menimbulkan masalah keamanan dan privasi. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan pengamanan dan privasi yang tepat, seperti penggunaan sandi yang kuat dan enkripsi data.
*Pengertian Portabel
Portabel dalam komputasi bergerak mengacu pada kemampuan perangkat elektronik untuk dibawa kemana saja dan digunakan secara fleksibel. Contoh dari perangkat portabel dalam komputasi bergerak termasuk telepon genggam, tablet, laptop dan perangkat wearable seperti smartwatch.
Keuntungan dari perangkat portabel dalam komputasi bergerak adalah fleksibilitas dan mobilitas. Adapun keterbatasan yang dimiliki oleh perangkat portabel yaitu dalam hal kapasitas baterai, ukuran layar dan keterbatasan kemampuan pemrosesan.
Contoh Implementasi
Contoh dari teknologi komputasi bergerak termasuk telepon genggam, tablet, laptop dan perangkat wearable seperti smartwatch. Selain itu, teknologi nirkabel seperti Wi-Fi dan teknologi seluler seperti 3G, 4G dan 5G juga memungkinkan pengguna terhubung ke internet dan layanan online dari perangkat mereka dimana saja.
Artikel ini dibuat sebagai tugas kuliah sebagaimana yang tertuang dalam : Online Learning Uhamka
Komentar
Posting Komentar